Panduan Cara Daftar Domain Gratis

Panduan Cara Daftar Domain Gratis - Domain merupakan nama unik yang berfungsi untuk memberikan kemudahan pengguna untuk mengakses berbagai informasi di server komputer yang terdapat di jaringan Internet. Jika Anda ingin membangun website, maka Anda harus memiliki sebuah domain. Awalnya domain diperoleh dengan cara premium saja. Namun, saat ini sudah terdapat jasa pelayanan pembuatan domain secara gratis. Tentu saja itu menjadi hal yang menarik untuk diketahui bagaimana cara mendapatkan domain gratis? Caranya bisa dilakukan dengan mendaftar di situs-situs penyedia domain gratis. daftar domain gratis dapat dilakukan dengan mudah. Syaratnya, Anda harus memiliki alamat email yang masih aktif.
Cara Daftar, Domain Gratis,Freenom, di hostinger,

Baca juga : Cara Daftar Google Talk yang Benar

Saat ini sudah banyak penyedia layanan domain gratis. Namun, ada 2 macam layanan domain gratis yang dapat Anda coba yaitu Freenom dan Hostinger. Kedua penyedia layanan gratis tersebut sudah banyak yang menggunakannya, sehingga Anda tidak perlu lagi meragukannya.

Cara daftar domain gratis melalui Freenom yaitu:

Masuk dalam situs resmi Freenom

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke dalam situs resmi Freenom. Anda klik register hingga muncul tampilan resister.

Mengisi data pada tampilan register

Data yang harus diisi meliputi alamat email, nama pengguna dan password. Masukkan password hingga dua kali, lalu klik register.

Melakukan forward domain

Cara daftar domain gratis yaitu dengan melakukan forward domain. Tampilan ini muncul setelah Anda sukses melakukan registrasi. Tulis nama domain yang akan digunakan dan klik register free domain name. 

Buka email yang digunakan untuk register

Setelah ketiga langkah dilakukan, Anda tinggal membuka alamat email Anda. Anda akan mendapatkan pesan dari Freenom untuk melakukan konfirmasi. Kode konfirmasi yang diberikan harus Anda copy dan klik tautan.

Cara mendaftar domain gratis di Hostinger yaitu:

  • Melalui Facebook atau Google - Jika Anda ingin mendaftar melalui akun facebook atau goggle Anda, maka cukup dengan 2 kali klik pada tampilan Hostinger saja.
  • Pendaftaran secara langsung melalui web Hostinger
  • Adapun Cara daftar domain gratis melalui Hostinger antara lain:
  • Masuk pada website resmi Hostinger
  • Website resmi Hostinger dapat Anda cari melalui browsing di Google. Setelah masuk ke dalam website, Anda langsung klik daftar.
  • Mengisi form pendaftaran
  • mengisi dengan benar form pendaftaran yang berisi nama, email, password dan tulis karakter yang muncul. 
  • Menulis alamat domain yang akan digunakan
  • Cara yang terakhir dengan mengisi kolom nama domain yang akan didaftarkan. Jika sudah diisi klik daftar, tunggu konfirmasi yang masuk pada email Anda.  

Cara daftar domain gratis dapat dilakukan dengan cepat tentunya tanpa biaya sedikit pun. Cukup dengan jaringan internet yang baik, maka pendaftaran dapat berlangsung dengan cepat.